Facebook Twitter
Gratis berlangganan artikel Fajry Blog via mail, ayo gabung!
Klik Link Dibawah ini 1x Saja, Agar Iklan Tidak Keluar Lagi
Terima kasih sudah mengklik Iklan Untuk Perkembangan FAJRY BLOG
Sabtu, 08 Oktober 2011

0
III. KERAJAAN ISLAM BEUNUA



Sesuai dengan catatan sejarah, Kerajaan Teumieng (Tamiang) telah berdiri sejak tahun 580 H (1184 M). Rajanya yang pertama bergelar Meurah Gajah 580 – 599 H (1184 – 1213 M) dan Raja terakhir sebelum Islam adalah Makhdum Saat (Panglima Eumping Beusoe) 723 – 753 H (1323 – 1353 M), berasal dari Peureulak dan perkawinannya dengan Putri Raja Mala (678 – 723 H), diperoleh seorang anak laki-laki yang diberi nama Raja Muda.


Pada waktu pemerintah Eumping Beusoe, datanglah ke Tamiang serombolan Mubaligh Islam dari Peureulak, dipimpin oleh seorang ulama, yaitu Teungku Ampon Tuan. Beliau kemudian dapat menjadikan Kerajaan Tamiang menjadi Kerajaan Islam.

Putri Teungku Ampon Tuan kemudian dinikahkan dengan Putera Mahkota Kerajaan Raja Muda. Dari perkawinan tersebut lahirlah seorang puteri yang berparas cantik (rupawan) yang diberi nama Puteri Lindung Bulan.

Setelah Mangkat Raja Eumping Beusoe, maka diangkat pula putera Mahkota Kerajaan Beunua (Tamiang) yaitu Raja Muda menjadi Raja Kerajaan Islam Beunua dengan gelar Raja Muda Seudia. Beliau adalah raja pertama dari Kerajaan Islam Beunua. Kemudian namanya dirubah dari Kerajaan Islam Tamiang menjadi Kerajaan Islam Beunua.

Raja Muda Seudia memerintah selama 47 tahun, yaitu dari tahun 753 – 800 H (1353 – 1398 M). Dengan anjuran Teungku Ampon Tuan, maka Kerajaan Islam Peureulak dan Kerajaan Islam Samuder/Pase, dalam satu federasi dan kemudian Kerajaan membangun Kota Baru agak ke pedalaman (udik) yang diberi nama Kota Masmani (emas murni), nama Kerajaan diberi nama Negeri Beunua, Kota Pelabuhan di Kuala Peunaga dan Aroon Meubajee tetap menjadi pelabuhan perdagangan.

0 komentar: — Skip to Comment.

Posting Komentar — or Back to Content

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Followers list

Klik Link Dibawah ini 1x Saja, Agar Iklan Tidak Keluar Lagi
Terima kasih sudah mengklik Iklan Untuk Perkembangan FAJRY BLOG

Tukar Link

Stats

Website Hit Counter
free counters
widgets