Facebook Twitter
Gratis berlangganan artikel Fajry Blog via mail, ayo gabung!
Klik Link Dibawah ini 1x Saja, Agar Iklan Tidak Keluar Lagi
Terima kasih sudah mengklik Iklan Untuk Perkembangan FAJRY BLOG
Senin, 27 Juni 2011

0
Sejarah Keramik Aceh

Keramik berasal dari bahasa yunani : keramos, yaitu anak laki-laki Dewi Ariaone dan Dewa Bachus yang di anggap sebagai dewapenjaga benda pecah belah., keramik terdiri dari jenis stoneware dan porcelain.

Keramik merupakan produk utama perdagangan laut yang beredar di aceh pada masa lampau, sekitar tahun 1509, kedatangan orang-orang portugis juga terlibat dalam perdagangan terutama Kerajaan Samudra pasai yang meninkat maju pada saat itu. Keramik juga merupakan salah satu bentuk pengaruh budaya dari Cina. Kermik dibawa oleh pedagang Cina selain menjadi barang persembahan bagi penguasa Aceh juga menjadi alat tukar menukar dalam transaksi perdagangan rempah-rempah.
Keramik yang ditemukan dalam masyarakat Aceh berasal dari Asia Tenggara seperti Kamboja, Burma, Thailand, dan Annam ( sekarang vietnam), produk yang berasal dari Asia tenggara berupa tempayan, guci-guci besar, dan guci-guci kecil. Masyarakat Aceh menggunakan tempayan, sebagai wadah penyimpan air., padi/beras, dan garam, ciri-ciri Asia tenggara : glazir tidak rata karena dibuat dengan proses celup, berwarna hitam kecoklatan, selain wilayah Asia tenggara , dalam masyarakat Aceh juga ditemukan keramik dari Cina dan Eropa. Keramik Cina yang ditemukan berasal  dari dinasti Sung , Ming dan Cing.

0 komentar: — Skip to Comment.

Posting Komentar — or Back to Content

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Followers list

Klik Link Dibawah ini 1x Saja, Agar Iklan Tidak Keluar Lagi
Terima kasih sudah mengklik Iklan Untuk Perkembangan FAJRY BLOG

Tukar Link

Blog Archive

Stats

Website Hit Counter
free counters
widgets