Facebook Twitter
Gratis berlangganan artikel Fajry Blog via mail, ayo gabung!
Klik Link Dibawah ini 1x Saja, Agar Iklan Tidak Keluar Lagi
Terima kasih sudah mengklik Iklan Untuk Perkembangan FAJRY BLOG
Minggu, 27 Maret 2011

0
Karies Dentis


Karies dentis adalah penyakit jaringan keras gigi (email dan dentin) yang disebabkan oleh kerja mikroorganisme pada karbohidrat yang dapat diragikan. Beberapa jenis karbohidrat seperti sukrosa dan glukosa, dapat diragikan oleh kuman tertentu dan membentuk asam sehinggaa pH plak akan menurun sampai di bawah 5 dalam waktu 1 sampai 3 menit. Penurunan pH yang berulang-ulang dalam waktu tertentu ini akan mengakibatkan terjadinya proses demineralisasi (suatu proses pengrusakan bahan-bahan anorganik oleh zat asam laktat/asam susu) pada permukaan gigi yang rentan. Faktor penyebab terjadinya karies adalah plak, karbohidrat (terutama gula), permukaan gigi yang rentan, dan waktu. Karies dapat timbul jika keempat faktor tersebut tidak bekerja secara simultan.

Makanan yang mengandung hidrat arang dan sifatnya mudah melekat pada permukaan gigi akan mempermudah terjadinya kerusakan.
Tetapi makanan yang berserat sangat baik untuk memperkecil kemungkinan terjadinya kerusakan gigi, karena berfungsi untuk membersihkan gigi sehingga tidak ada sisa-sisa makanan yang melekat ke permukaan gigi, misalnya tebu.

Plak merupakan lapisan tipis yang terdapat di permukaan gigi dan biasanya dijumpai di dalam mulut yang kesehatannya jelek. Jika permukaannya kasar maka hidrat arang mudah melekat.
Keseimbangan hormonal ada hubungannya dengan produksi saliva (air liur). Saliva mampu me-reminelisasi karies yang masih dini, karena banyak mengandung ion kalsium dan fosfat dan kemampuan ini akan meningkat apabila ada ion flour. Selain itu saliva juga mempengaruhi komposisi mikroorganisme dalam plak dan juga mempengaruhi pH, serta untuk membersihkan mulut untuk menjaga kesehatan mulut yang baik.
Di daerah yang mengandung banyak kalsium dan flour (F) maka penduduknya mempunyai gigi yang tahan terhadap serangan karies.
Kadar flour yang baik dalam air minum adalah 1 mg F per 1 liter air. Apabila kurang, maka gigi kurang tahan terhadap serangan karies, dan bila berlebihan akan terjadi perubahan warna pada email, yaitu berwarna coklat muda sampai kehitaman atau terjadi bercak hitam yang disebut fluorosis atau mottled teeth.

Letak gigi yang tidak teratur, berlapis-lapis, akan mudah melekatnya sisa-sisa makanan di permukaan gigi dan sukar untuk dibersihkan sehingga mudah terjadinya karies.
Semakin tua seseorang maka makin tipis lapisan emailnya karena mengalami attrisi sehingga mengakibatkan daya tahan terhadap karies berkurang.
Pada anak yang menderita penyakit tulang seperti rakhitis (ricketsia) maka terjadi gangguan pembentukan dentin dan email sehingga gigi mudah terserang karies.



Dari berbagai sumber

0 komentar: — Skip to Comment.

Posting Komentar — or Back to Content

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Followers list

Klik Link Dibawah ini 1x Saja, Agar Iklan Tidak Keluar Lagi
Terima kasih sudah mengklik Iklan Untuk Perkembangan FAJRY BLOG

Tukar Link

Blog Archive

Stats

Website Hit Counter
free counters
widgets